home Tip+Trick Upgrade Sony Ericsson K530i

Upgrade Sony Ericsson K530i

Sore kemarin, aplikasi- aplikasi yang ada di handphone Sony Ericsson K530i saya tiba-tiba menghilang semua. Sudah cek memory stick micro duo ternyata masih berfungsi dengan baik, mp3 masih bisa dimainkan dengan nyaring, video juga ga ada masalah. Makin bingung pas liat space untuk aplikasi ternyata masih digunakan. Kaga ngerti apa yg terjadi, pasrah saja langsung berniat melakukan Master Reset, pertama yang kepikiran adalah backup contact dan PIM yang lain seperti calender, task, dan  note. Cara paling mudah untuk melakukannya adalah dengan mennggunakan Sony Ericsson PC Suit dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Install Sony Ericsson PC Suit, kalau ga punya installrenya bisa download dari situs resmi Sony Ericsson
  2. Lepaskan kartu memory stick yang masih ada di hp.
  3. Hidupkan Bluetooth di komputer/laptop dan di hp [pake kabel data juga bisa]
  4. Buka aplikasi PC Suit, Klik How To Connect di pojok kiri atas PC Suit
  5. pilih koneksi sesuai yg dipake [pake kabel ato Bluetooth]
  6. Tunggu sampai handphone Sony Ericsson dikenali
  7. Klik menu Backup & Restore
  8. Klik tombol Backup Phone
  9. Pilih apa yang mau backup, saran saya si pilih semua aja, centang di I want to include PIM data dan I want to include file from the phone. Langsung aja Next.
  10. Tunggu prores pengumpulan data, kasi nama dan deskripsi backupnya
  11. Langsung aja Next.

Ok… Proses pertama selesai, sesaat sebelum melakukan Master reset saya melihat sebuah menu yang sepertinya baru di Sony Ericsson PC Suit yaitu Phone Repair, jadi tergoda untuk mencoba sambil berpikir “hp ini kan udah rusak, kalo toh tambah rusak ya ga jadi masalah”. Langsung klik, ternyata aplikasi ini perlu koneksi intenet untuk mengecek update terbaru dari hp kita. Untuk kebaikan hp kita batre hp harus lebih dari 50%. oh ya proses Phone Repair ini tidak bisa menggunakan Bluetooth, tapi harus mengggunakan kabel data. Setelah Proses PC Suit berhasil mengunduh update, maka akan ditanyakan jenis hp yang mau diperbaiki, disini saya pilih K530i. langsung aja next. Kemudian akan muncul apa yang harus dilakukan sebelum proses perbaikan [kalo ga salah inget]:

  1. Putuskan koneksi dari komputer ato laptop dengan handphone
  2. Matikan handphone
  3. Cabut batrenya, kemudian pasang kembali
  4. Sambungkan kabel USB ke komputer/laptop, jangan disambung ke handphone
  5. Tekan dan tahan tombol c , tahan terus
  6. Sambungkan handphone dengan kabel USB
  7. Proses Repair akan segera dimulai secara otomatis, jangan tekan lagi tombol c. Pada proses ini jangan sampai komputer anda mati atau kabel USB anda terlepas dari komputer maupun handphone.

Pada proses ini juga diperlukan koneksi internet lagi, kalu bisa yang berkecepatan cukup tinggi untuk mencari versi terbaru untuk ponsel yang akan diperbaiki. Tunggu sebentar sampai proses selesai. Setelah selesai akan muncul sebuah pemeritahuan untuk melepaskan kabel USB, kemudian melepas batre dan memasangnya kembali.

Setelah proses ini berakhir, anda bisa menghidupkan kembali ponsel anda, sistem ponsel anda akan tampak seperti ponsel baru, semua fasilitas menjadi standard seperti baru keluar dari pabrik, ternyata proses ini  adalah sebuah cara baru untuk Meng-Upgrade Sony Ericsson K530i.

17 thoughts on “Upgrade Sony Ericsson K530i

  1. klo boleh tnya,
    FOLDER aplikasi dan FOLDER permainan saya tidak bisa di buka. itu cara membukanya bagaimana???
    saat di KLIK FOLDERnya muncul tulisan “OPERASI GAGAL”
    yg sprti itu bgaimana???
    sya sngat membutuhkan jwabanmya dan saya ucapkan terima kasih

  2. bagaimana cara mengatasi program aplikasi yang tidak bisa terbuka pada Hp Sony Ericsson K 530i.. Thanks’

  3. kmren hp sonyericson k530i, saya jatuh, langsung mti, pas sya hsupin lg yang kluar cman lgo sony, trus cman ada tulisan, “plas wait” aja,??
    kra2 apa ya kndla nya, dan gmna cra mnangglngi nya,,,,???

    1. matikan hp, cabut batre, kartu sim dan kartu memeory, diamkan 5-10 menit. pasang dan hidupkan kembali. jika cara ini tidak berhasil, kemungkinan ada komponen yang bergeser.

  4. salam kenal…
    boleh ikutan nanya ni gan seputaran backup & restore.
    sy punya soner w508, awalx suara diflipx ga mau keluar kemudian sy melakukan master reset, tanpa disegangaja keteken yg full jd data yg di memory hp hilang.
    yg mau sy tanyakan bagaimana mengembalikan data dimemory hp yg belom sempat ter backup?
    terimakasih atas jawabanya….

  5. Setelah HPnya di reset nanti HPnya jadi seperti baru. Semua data yang di HP akan hilang makanya saya sangat sarankan untuk backup dulu data-datanya agar bisa direstore nantinya. kalau tidak di backup ya tidak bisa dikembalikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *