home Tip+Trick tips dan Trick Cara Menghindar dari Penipuan Melalui SMS

tips dan Trick Cara Menghindar dari Penipuan Melalui SMS

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari penipuan melalui sms atau telepon, yakni: Tidak mudah percaya pada SMS atau telepon yang menginformasikan memenangkan hadiah undian. Biarkan saja informasi itu. Kalau Anda memang benar mendapatkan hadiah, pihak penyelenggara akan memberikan informasi tertulis melalui surat

Konfirmasikan setiap informasi mengenai hadiah tersebut ke operator bersangkutan melalui layanan pelanggan yang tersedia, seperti 111, 116, 817. Jika perlu datangi kantor perwakilan operator bersangkutan.

Jangan menelepon ke call centre seperti yang diinformasikan melalui telepon atau SMS, apalagi jika call centre dimaksud menggunakan telepon rumah atau telepon seluler. Call centre operator menggunakan nomor singkat, terdiri dari tiga atau empat angka.

Jika mendapat SMS atau telepon mengenai musibah dan dirawat di rumah sakit jangan langsung percaya. Telepon ke keluarga di rumah. Bila tidak bisa dihubungi, tolong hubungi tetangga Anda untuk memastikan kondisi keluarga di rumah.

Jangan lakukan pembayaran atau transfer untuk biaya rumah sakit atau operasi seperti yang diminta penelepon atau SMS. Karena hal seperti ini tak lazim. Pembayaran biaya rumah sakit, termasuk biaya operasi, dilakukan di rumah sakit, baik tunai maupun nontunai.

Bila ada mama atau papa minta pulsa, dengan alasan apapun, abaikan saja. Kalau benar dari orang tua, biasanya sms akan dimulai dengan nama atau nama panggilan baru pesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *