home Tip+Trick Akses Mysql Server Dari Komputer Lain Dalam Jaringan

Akses Mysql Server Dari Komputer Lain Dalam Jaringan

mysql-logoMySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (database management system atau DBMS) yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL). Mysql digunakan dalam berbagai aplikasi, terutama aplikasi berbasis web. Salah satu yang memanfaatkan database mySQL adalah sistem manajemen konten (content management System, disingkat CMS) WordPress yang banyak digunakan oleh blogger dari seluruh dunia.

Kembali ke topik, saat development banyak kalanya diperlukan kolaborasi dalam mengelola database. Sehingga diperlukan remote akses terhadap database yang tedapat pada database server. Seting awal mySQL tidak mengijinkan akses mySQL server dari komputer lain walaupun dalam jaringan yang sama. Untuk dapat mengakses mySQL server dari komputer lain dalam jaringan yang sama, perlu dilakukan seting terhadap mysql server. Tutorial ini dibuat secara umum saja karena mySQL server dapat berjalan pada berbagai platform seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.

Langsung saja file yang perlu diedit adalah file my.conf, pada baris bind-address, hilangkan tanda pagar didepannya, kemudian isi dengan alamat IP jaringan lokal komputer anda. sehingga menjadi bind-address=”192.168.10.1″ Kemudian restar servive mysql server, caranya tergantung platform yan anda gunakan. Sampai disini mysql sudah dapat diakses dari komputer lain yang terdapat dalam jaringn yang sama, namun database belum dapat diakses.

Selanjutnya adalah mengijinkan database diakses oleh suatu user dari luar server. caranya adalah dengan masuk ke mysql console, untuk turunan linuk dapat diakses melalui terminal, kemudian ketikkan mysql -u namauser masukkan password jika diminta. dari mysql console ini perintah sql akan kita eksekusi. Untuk mengijinkan semua operasi untuk semua tabel dalam database bernama nama_database diakses oleh user root dari komputer manapun dalam jaringan dengan password password_databasenya dapat digunakan perintah seperti dibawah.

GRANT ALL PRIVILEGES ON nama_database.* TO root@’%’ IDENTIFIED BY ‘password_databasenya’;

nah, sekarang database sudah dapat diakses dari komputer manapun dalam satu jaringan. Silahkan gunakan database browser kesayangan anda dengan setingngah:

hostname: alamat ip komputer server, contoh 192.168.10.1

user: nama user database, contoh root

password: password database

 

One thought on “Akses Mysql Server Dari Komputer Lain Dalam Jaringan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *