home Hack, linux, Tip+Trick Konfigurasi phpMyAdmin agar bisa Login Tanpa Password

Konfigurasi phpMyAdmin agar bisa Login Tanpa Password

phpMyAdmin adalah suatu aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman PHP yang ditujukan untuk pengelolaan basis data MySQL melalui Internet. Proyek ini dimulai pada tahun 1998 oleh Tobias Ratschiller dan pada tahun 2001 diteruskan pengembangannya melalui SourceForge oleh Olivier Maller, Marc Delisle dan Lo¯c Chapeaux.
Untuk dapat login ke phpMyAdmin diperlukan user dan password dari database  MySql itu sendiri. phpMyAdmin mengharuskan penggunaan pasword. Masalah akan timbul ketika MySql ternyata tidak menggunakan password??
Tapi jangan takut, phpMyAdmin sendiri ternyata dapat dikonfigurasi agar mengijinkan login tanpa password. Caranya adalah dengan mengedit  file konfigurasinya yang berlokasi di /etc/phpmyadmin/config.inc.php.
Lakukan perubahan dengan vim /etc/phpmyadmin/config.inc.php , perintah ini harus dijalankan dengan user setara root. Perubahan dapat dilakukan dengan menghilangkan tanda // didepan  $cfg['Servers'][$i]['AllowNoPassword'] = true; setelah itu simpan file konfigurasinya.
Ayo coba lagi login ke phpMyAdmin, kalau memang benar MySql anda tidak menggunakan password maka anda pasti bisa login...
Oh ya ada sedikit catatan: This feature is available since phpMyAdmin 3.2.0.
Selamat mencoba...
TAGS:

Praba

Baik hati, tidak sombong, [belum] rajin menabung

5 thoughts on “Konfigurasi phpMyAdmin agar bisa Login Tanpa Password

    1. bisa pakai Cookies php sudah punya fungsinya. Intinya, ketika user berhasil login dan mencentang “remember me” maka website memerintahkan browser menyimpan cookies. untuk login berikutnya tinggal cek cookesnya aja, kalau cocok, langsung login, kalau tidak, munculin form login.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *