home Berita WASPADA TSUNAMI 3 April 2014

WASPADA TSUNAMI 3 April 2014

UPDATE: Peringatan dini Tsunami akibat gempa bumi tangal 2April 2014 yang terjadi di Chile dinyatakan BERAKHIR untuk wilayah Indonesia

Efek Gempa Tsunami Chile
Efek Gempa Tsunami Chile

Gempa bumi besar berskala 8,2 skala Richter pada kedalaman 10 km mengguncang Pantai Utara Chile atau 240 Barat laut Bombay, India  pada Rabu (2/4) pukul 06.46 WIB telah menimbulkan tsunami setinggi 1,92 meter di wilayah pesisir Chile, Peru, Ekuador, Kolombia, Panama, Kosta Rika dan Nikaragua. Gempa dan tsunami telah menimbulkan kerusakan dan korban jiwa.

Efek tsunami tersebut dikabarkan akan menerjang Indonesia hari ini 3 April 2014. Beberapa broadcast message menyebar melalui Black Berry Massager (BBM)  yang menginformasikan tsunami yang terjadi di Chile akan berakibat sampai ke Indonesia. Salah satu broadcast message yang banyak menyebar  adalah:

Tsunami Chile Sampai ke Bali
Tsunami Chile Sampai ke Bali

Broadcast yang yang satu ini bukan hoax, karena informasinya sesuai dengan yang dikeluarkan oleh Indonesia Tsunami Early Warning Center (InaTEWS) BMKG.  Melalui peringatan dini bernomor No.:0930-02/warning/InaTEWS/04/2014  tertanggal 02-Apr-2014 09:30:00 WIB.

Tsunami Efek Gempa Chile
Tsunami Efek Gempa Chile

Peringatan dini ini menyebutkan provinsi dan kota di Indonesia yang terdampak serta waktu perkiraannya. Masyarakat diharapkan waspada terutama yang yang berada disekitaran pantai. Namun jangan panik, karena statusnya masih WASPADA yang artinya tinggi gelombang diperkirakan tidak lebih dari 0,5m (setengah meter).

Daftar lengkap provinsi dan kota terdampak, status, dan perkiraan waktu nya dapat dilihat di http://inatews.bmkg.go.id/new/data/BMKG_chile_event_bahasa&eng.pdf

http://inatews.bmkg.go.id/new/data/BMKG_chile_event_bahasa&eng.pdf
sumber:

  1.  http://inatews.bmkg.go.id/new/
  2. http://news.liputan6.com/read/2031333/bnpb-tsunami-chile-diperkirakan-tiba-di-indonesia-jauhi-pantai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *