home Berita indoleaks.org Membocorkan Rahasia Indonesia Layaknya Wikileaks

indoleaks.org Membocorkan Rahasia Indonesia Layaknya Wikileaks

Hari gini siapa yang tidak mengenal situs bernanama WikiLeaks [baca WikiLeaks Membocorkan Rahasia Negara, Dibanned di China]. Kemarin muncul sebuah website serupa yang isinya mempublikasikan dokumen-dokumen rahasia Indonesia persis seperti yang  dilakukan wikileaks.

Saat tulisan ini dibuat, pada halaman indoleaks sudah terdapat beberapa informasi antara lain:

  1. Laporan Kedubes Amerika mengenai penyerangan gerilyawan Timor Timur yang menewaskan 18 anggota ABRI di bandara Dili.
  2. Transkrip Diskusi Soeharto – Gerald Ford di Camp David pada 5 Juli 1975, lima bulan sebelum invasi Timor Timur.
  3. Laporan Tim Kerja Kasus Munir ke Paripurna DPR
  4. Dokumen Investigasi Kasus Munir
  5. Hasil Investigasi Kasus Munir, Soeharto dan Richard Nixon serta Henry Kissinger. Saat transkrip ini dibuat, ketiganya adalah Presiden Indonesia dan Presiden Amerika serta Menteri Luar Negeri Amerika.
  6. Lumpur Lapindo Bukan Bencana Alam
  7. MoU Rahasia Pemerintah RI – Microsoft dimana Pemerintah RI akan membeli 35.496 salinan Microsoft Windows dan 177480 salinan Microsoft Office. Membuktikan pelanggaran atas Keppres RI Nomor 80 Tahun 2003 Tentang Pedoman Pengadaan Barang/Jasa.

Selain itu Indolekas juga berjanji akan membuka sejumlah dokumen lain, di antaranya Century dan hasil visum korban Gerakan 30 September 1965.

Hasil Audit BPK Lumpur Lapindo,Laporan Kedubes Amerika mengenai TimorTranskrip Diskusi Soeharto – Gerald FordLaporan Tim Kerja Kasus Munir ke Paripurna DPRDokumen Investigasi Kasus MunirHasil Investigasi Kasus Munir, Soeharto dan Richard Nixon serta Henry Kissinger. Saat transkrip ini dibuat, ketiganya adalah Presiden Indonesia dan Presiden Amerika serta Menteri Luar Negeri Amerika.Lumpur Lapindo Bukan Bencana AlamMoU Rahasia Pemerintah RI – Microsoft

Dalam halaman tentang kami pengelola Indoleaks menyebutkan

Indoleaks muncul sebagai jawaban atas kebuntuan informasi.
Terutama informasi yang berpeluang menjadi bumerang bagi penguasa, politisi dan kaum jahat lainnya di Indonesia. Indoleaks berusaha memilah dan memilih dokumen yang seharusnya diketahui publik, dari ratusan koleksi Indoleaks. Kami akan terus mendobrak kebuntuan informasi, dengan mempublikasikan hak kita yang bernama informasi.

Bagi kami, diamnya orang tertindas, lebih hina dari penindas itu sendiri.
Mari kita bersuara. Mendobrak kebuntuan informasi.
Semua dokumen di Indoleaks, kami sajikan secara verbatim. Apa adanya.
Dan, tentu saja, masih orisinil dari tangan pertama.

Disana juga terdapat ajakan bagi yang memiliki dokumen rahasia dan memiliki kepentingan publik untuk menghubungi pengelola.

Secara teknis indoleaks.org aktif sejak tanggal 07-Dec-2010 23:13:50 UTC dengan domain yang dibeli dari PT Ardh Global Indonesia, sedangkan pemilik domain ini disembunyikan [menggunakan privat whois]. Saat ini web ini menggunakan Blogspot  untuk webnya dan Google Docs sebagai penyimpan dokumennya. Menurut visitor vounter yang terpasang, web tersebut sudah dikunjungi lebih dari 149000 kali. Secara teknologi sangat berbeda dengan Wikileaks yang pendirinya disebut-sebut mantan hacker, namun dengan semangat yang hampir sama.

One thought on “indoleaks.org Membocorkan Rahasia Indonesia Layaknya Wikileaks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *