home Berita Hoax, Gempa 8,1 SR Akan Goncang Bali

Hoax, Gempa 8,1 SR Akan Goncang Bali

Kepanikan sangat besar terjadi kemarin tanggal 7 oktober 2009 di daerah denpasar dan sekitarnya, karena diisukan akan terjadi gempa berkekuatan 8,1 SR. Kabar burung tersebut juga menyatakan bahwa gempa ini juga berpotensi tsunami. Jika memang gempa berkekuatan sebesar itu terjadi maka hampir dapat dipastikan akan timbul sangat banyak korban. Akbatnya sangat banyak siswa SMP maupun SMA yang dipulangkan lebih cepat dari jadwal. Menjelang jam 3 sore, berita bertambah heboh karena menyangkutkan nama Mama Loren sebagai sumber beritanya, sontak banyak universitas  menyarankan agar mahasiswa kembali ke rumah masing-masing dan menghentikan semua kegiatan yang sedang berlangsung.

Namun sampai malam tidak terjadi apa-apa. Yangada malah pengumuman dari Balai Besar Meteorologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar, yang menyatakan

  1. BMKG tidak pernah memberikan prediksi akan terjadinya gempa bumi.
  2. Belum ada kajian ilmiah dan metode untuk memprediksi gempa, sehingga jika ada prediksi gempa, maka hal tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
  3. Informasi yang diberikan BMKG berupa hasil pemantauan  gempa, bukan prediksi gempa.
Untuk itu BMKG menghimbau kepada  seluruh masyarakat agar tidak percaya begitu saja dengan prediksi-prediksi semacam ini. Jika kemudian ada informasi-informasi terkait prediksi gempa maupun tsunami diharapkan agar mengkonfirmasikan terlebih dahulu kebenaran berita tersebut ke Balai Besar Meteorologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *