home Berita Alan Turing: Bapak Ilmu Komputer di Google Doodle

Alan Turing: Bapak Ilmu Komputer di Google Doodle

Hari ini Google memperingati 100 tahun kelahiran Alan Turing, beliau sangat berjasa dalam perkembangan ilmu komputer, terutama dikenal sebagai pencetus konsep “algoritma” dan “komputerisasi” dengan mesin Turing ciptaannya. Atas jasanya dalam proses komputerisasi modern, beliau mendapat gelar bapak ilmu komputer dan kecerdasan buatan.

Alan Mathison Turing (lahir 23 Juni 1912 – meninggal 7 Juni 1954 pada umur 41 tahun) di Maide Vale, London, Inggris, ia adalah seorang peneliti matematika dan komputer, dan pahlawan perang Inggris. Dia adalah seorang dari peneliti-peneliti komputer modern digital pertama. Selain itu dia adalah orang pertama yang berpikir menggunakan komputer untuk berbagai keperluan. Dia mengatakan bahwa komputer dapat menjalankan berbagai program. Dia juga memberikan ide tentang mesin Turing, mesin yang dapat menjalankan sekumpulan perintah.

Pada tahun 1936, Alan pergi ke Princeton University di Amerika kemudian kembali ke Inggris pada tahun 1938. Disana ia mulai bekerja secara rahasia sebagai tenaga paruh waktu untuk departemen kriptoanalisis Inggris, Kode Pemerintah dan Sekolah Cypher. Pada saat pecah perang dunia II ia mengambil pekerjaan penuh waktu di kantor pusatnya, Bletchley Park.

Di sini ia memainkan peran penting dalam menguraikan pesan yang dienkripsi oleh mesin Enigma Jerman, yang menyediakan data intelijen penting bagi Sekutu. Dia memimpin sebuah tim yang merancang sebuah mesin yang dikenal sebagai Bombe yang berhasil menterjemahkan pesan Jerman. Dia menjadi tokoh terkenal dan agak eksentrik di Bletchley.

Setelah perang dunia 2 selesai, Alan Turing berubah pikirannya untuk pengembangan mesin yang secara logis akan memproses informasi. Dia bekerja pertama untuk National Physical Laboratory (1945-1948). Rencananya itu ditolak oleh rekan-rekannya dan laboratorium yang diusulakn untuk proyek tersebut kalah untuk menjadi yang pertama merancang sebuah komputer digital.

Pada tahun 1949, ia pergi ke Manchester University di mana dia memimpin laboratorium komputasi dan mengembangkan sebuah mesin yang membantu untuk membentuk dasar-dasar pada bidang kecerdasan buatan. Pada tahun 1951 dia dipilih sebagai salah satu anggota dari Royal Society.

Homoseksualitas membuat Alan Turing dituntut pidana pada tahun 1952, ketika tindakan homoseksual masih ilegal di Inggris. Ia menerima pengobatan dengan hormon wanita (pengebirian kimia) sebagai alternatif masuk penjara. Dia meninggal pada tahun 1954, hanya dua minggu sebelum ulang tahunnya yang ke-42, akibat keracunan sianida. Penyelidikan menyebutkan bahwa Alan bunuh diri, ibunya dan beberapa orang lain percaya kematiannya adalah kecelakaan. Pada tanggal 10 September 2009, menyusul kampanye internet, Perdana Menteri Inggris Gordon Brown membuat permintaan maaf publik resmi atas nama pemerintah Inggris untuk cara di mana Turing dirawat setelah perang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *